Bank Universal BPR Indonesia

Bank Universal BPR adalah lembaga keuangan resmi dari pemerintah indonesia yang terdapat di 5 provinsi.

Tugas Bank Perkreditan Rakyat

f:id:indahbrank77:20200609201734j:plain

tugas bank pekreditan rakyat

Bank Perkreditan Rakyat atau BPR merupakan salah satu bank yang paling dicari dan jasanya paling banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi kini ada banyak sekali jenis Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang juga tersebar di perdesaan. Sehingga seluruh masyarakat luas bisa merasakan manfaat dari BPR. Pada dasarnya cara kerja BPR dengan bank umum hampir sama namun tetap ada perbedaan antara keduanya. Dimana hak yang di dapatkan oleh BPR lebih sedikit dibandingkan dengan bank umum utamanya dalam menyediakan pelayanan untuk nasabah yang menggunakan jasa bank tersebut. Selain fungsi diatas BPR masih memiliki beberapa tugas, seperti:

  1. Menyimpan dana masyarakat

Sama seperti tugas bank pada umumnya, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga memiliki tugas untuk menyimpan dana dari masyarakat. Penyimpanan dana ini bisa berupa tabungan, deposito berjangka, ataupun jenis penyimpanan uang yang lain. Tentunya fasilitas yang di sediakan oleh BPR ini bisa digunakan oleh semua warga yang ada di desa tersebut.

  1. Memberikan kredit atau pinjaman

Seperti yang sudah di singgung pada fungsi BPR diatas. Dimana Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga bertugas untuk menyediakan kredit atau pinjaman kepada nasabah yang membutuhkan. Limit kredit yang bisa di dapatkan seorang nasabah tergantung dengan peratuan yang ada di BPR tersebut.

Selain penyimpanan uang diatas, BPR juga menyediakan penyimpanan uang warga dalam bentuk SBI atau Sertifikat Bank Indonesia, sertifikat deposito, maupun beberapa jenis tabungan yang ada pada bank umum lainnya. Tentu saja fasilitas ini bisa digunakan oleh semua nasabah yang memiliki rekening di BPR.